banner 728x250

Mengenal Parameter Capaian Pembelajaran (CP) yang Diterapkan di Universitas Madani Indonesia (UMINA)

Universitas Madani Indonesia

banner 120x600

Universitas Madani Indonesia (UMINA) terus mengembangkan kurikulum berbasis Capaian Pembelajaran (CP) yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI). CP ini merupakan ukuran kompetensi minimal yang harus dicapai oleh setiap lulusan dan mencakup empat komponen utama, yaitu sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci mengenai setiap komponen CP yang diterapkan di UMINA.

1. Sikap

Sikap merupakan salah satu elemen yang krusial dalam CP. Setiap lulusan UMINA diharapkan memiliki sikap yang sesuai dengan standar SN DIKTI. Sikap ini mencakup etika, moralitas, tanggung jawab, dan integritas dalam menjalankan profesi dan kehidupan sehari-hari. Program studi di UMINA juga dapat menambahkan ciri khas universitas yang berkaitan dengan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan untuk memperkuat karakter lulusannya.

Sebagai contoh, program studi yang berkaitan dengan pendidikan guru dapat menambahkan sikap-sikap tertentu seperti kepekaan sosial dan kepedulian terhadap peserta didik, yang penting dalam menjalankan profesi sebagai pendidik. Penambahan unsur sikap ini dimaksudkan untuk mempersiapkan lulusan UMINA menjadi individu yang tidak hanya kompeten secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang unggul.

2. Keterampilan Umum

Keterampilan umum adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap lulusan, tanpa memandang disiplin ilmu yang ditekuni. Keterampilan ini meliputi kemampuan berpikir kritis, komunikasi efektif, pemecahan masalah, dan penggunaan teknologi informasi yang tepat guna. Dalam SN DIKTI, keterampilan umum diharapkan untuk mencakup hal-hal yang bersifat dasar dan menjadi bekal lulusan dalam dunia kerja maupun kehidupan bermasyarakat.

UMINA memberikan kebebasan kepada program studi untuk menambahkan keterampilan umum sesuai dengan ciri khas universitas atau kebutuhan industri. Misalnya, lulusan dari UMINA diharapkan memiliki kemampuan literasi digital yang kuat dan mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi di era globalisasi.

3. Keterampilan Khusus

Berbeda dengan keterampilan umum, keterampilan khusus lebih mengacu pada kemampuan teknis yang sesuai dengan bidang studi yang diambil. Keterampilan khusus mencakup kemampuan kerja yang relevan dengan profesi atau sektor industri yang terkait, serta metode kerja yang efektif dan efisien dalam mencapai hasil kerja berkualitas.

Program studi di UMINA diwajibkan untuk menyusun keterampilan khusus ini berdasarkan deskripsi Capaian Pembelajaran dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yang sesuai dengan jenis dan jenjang pendidikan. Misalnya, untuk program studi teknik, keterampilan khusus yang diharapkan adalah kemampuan merancang, menganalisis, dan menerapkan teknologi di bidangnya. Setiap program studi dapat menetapkan jumlah dan jenis keterampilan khusus ini sebagai tolok ukur kemampuan minimal lulusannya.

4. Pengetahuan

Pengetahuan merupakan aspek yang menekankan penguasaan ilmu yang spesifik dalam bidang studi tertentu. CP dalam aspek pengetahuan harus menunjukkan dengan jelas bidang ilmu atau cabang keahlian yang menjadi fokus program studi, termasuk keluasan dan kedalaman materi yang harus dikuasai oleh lulusan.

Universitas Madani Indonesia menggunakan referensi rumpun ilmu yang ada, serta memetakan bidang keahlian sesuai dengan tuntutan profesi atau kebutuhan industri. Misalnya, program studi di bidang pendidikan akan menekankan penguasaan ilmu pedagogi, psikologi pendidikan, dan strategi pembelajaran. Tingkat penguasaan pengetahuan ini harus sesuai dengan standar yang tercantum dalam SN DIKTI, yang mencakup standar isi pembelajaran serta kurikulum yang diakui secara nasional.

Dengan menerapkan parameter Capaian Pembelajaran yang komprehensif ini, UMINA berkomitmen untuk mencetak lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang unggul dan keterampilan praktis yang dibutuhkan di dunia kerja. Keempat komponen CP—sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan—akan menjadi acuan bagi semua program studi dalam merancang kurikulum dan proses pembelajaran di universitas ini. Dengan demikian, diharapkan lulusan UMINA mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional serta berkontribusi positif bagi masyarakat.

Lokasi Sekretariat UMINA
https://maps.app.goo.gl/yU4Pz3T2TthUTPb97

banner 325x300