banner 728x250

Daftar Istilah dalam RPS di Universitas Madani Indonesia

Universitas Madani Indonesia

banner 120x600

Dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di Universitas Madani Indonesia, terdapat berbagai istilah yang penting dipahami oleh dosen dan mahasiswa. Berikut adalah beberapa istilah kunci yang digunakan dalam penyusunan dan pelaksanaan RPS:

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI)
    CPL-PRODI merupakan kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh setiap lulusan program studi (PRODI). Kemampuan ini mencakup sikap, penguasaan pengetahuan, dan keterampilan yang sesuai dengan jenjang pendidikan program studi, yang diperoleh melalui proses pembelajaran selama masa studi.
  2. CPL di Ranah Topik yang Dibebankan pada Mata Kuliah
    CPL ini mengacu pada capaian pembelajaran lulusan program studi yang relevan dengan topik mata kuliah. CPL ini mencakup aspek sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan, yang digunakan untuk mengembangkan dan membentuk kurikulum dari mata kuliah tersebut.
  3. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CP-MK)
    CP-MK merupakan turunan dari CPL yang dijabarkan secara spesifik untuk setiap mata kuliah. CP-MK bersifat spesifik terhadap materi atau bahan kajian yang diajarkan dalam mata kuliah, dan bertujuan untuk memastikan mahasiswa mencapai kompetensi tertentu di akhir pembelajaran.
  4. Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)
    Sub-CPMK adalah kemampuan yang dijabarkan lebih spesifik lagi dari CP-MK, yang dapat diukur dan diamati secara konkret. Ini adalah tujuan akhir yang ingin dicapai pada setiap tahap pembelajaran dan berkaitan erat dengan materi pembelajaran dari mata kuliah.
  5. Materi Pembelajaran
    Materi pembelajaran adalah rincian atau uraian bahan kajian yang disajikan dalam bentuk pokok dan sub-pokok bahasan. Materi ini mencakup topik yang dibahas selama proses pembelajaran dan menjadi acuan utama dalam kegiatan akademik di kelas.
  6. Bentuk Pembelajaran
    Bentuk pembelajaran di Universitas Madani Indonesia mencakup beragam metode seperti kuliah, responsi, tutorial, seminar, praktikum, praktik lapangan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Bentuk lain yang setara juga diterapkan sesuai kebutuhan mata kuliah dan jenjang program studi.
  7. Metode Pembelajaran
    Metode pembelajaran mencakup berbagai strategi yang digunakan untuk mengajarkan materi, seperti Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project-Based Learning, serta Blended Learning yang menggabungkan metode daring dan luring.
  8. Kriteria Penilaian
    Kriteria penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai tolok ukur dalam mengukur ketercapaian pembelajaran mahasiswa. Kriteria ini memastikan penilaian dilakukan secara objektif dan konsisten, serta dapat berupa ukuran kuantitatif maupun kualitatif.
  9. Indikator Penilaian
    Indikator penilaian adalah pernyataan spesifik yang mengukur kemampuan mahasiswa selama proses pembelajaran. Indikator ini menggambarkan hasil kinerja mahasiswa yang dapat diukur melalui bukti-bukti yang mendukung ketercapaian pembelajaran.

Istilah-istilah ini penting untuk dipahami agar dosen dan mahasiswa dapat berkolaborasi dengan baik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh Universitas Madani Indonesia.

Dekan Saintek saat menjelaskan Daftar Istilah dalam RPS di Universitas Madani Indonesia, Sabtu21 September 2024
banner 325x300